Bacaan Do’a Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan

Advertisement

Puasa yang merupakan ibadah yang diwajibkan secara hukum Islam terutama disaat bulan puasa ramadhan datang adalah salah satu aktivitas ibadah yang harus dilaksanakan oleh orang orang muslim mampu dan tidak sedang keadaan sakit. Karena hakikat dari pada puasa itu melatih diri seseorang yang berpuasa untuk tetap konsekuen dalam menjalankan ibadah dan ketaatan meskipun dalam keadaan perih dan sengsara.

Adalah hal yang wajib dilakukan mengetahui apa apa yang ada kaitannya dengan ibadah puasa, dari mulai bacaan doa niat puasa & sahur sampai dengan aktivitas terbaik yang sangat di anjurkan selama ibadah puasa itu berlangsung. Sebab jika tidak ada niat maka ibadah puasanya itu akan sia sia dalam arti bacaaan niat puasa itu bisa bermakna jika dilakukan di waktu yang tepat, sehingga bisa dikategorikan sebagai ibadah puasa yang sah menurut hukum.

Advertisement

Meskipun pada hakikatnya puasa itu terbagi pada dua bagian puasa wajib dan puasa sunat, tapi secara ketentuan baik dari bacaan niat maupun dari segi aktivitas ibadah lainnya itu tidak jauh beda hanya saja ada sedikit perbedaan. Dan merupakan salah satu hal yang diharuskan selama di dalam jadwal puasa ramadhan itu berlangsung dengan melaksanakan ibadah penting yang di sunnahkan seperti dengan bacaan tadarus puasa, dan hal lainnya yang bersifat positif.

Do'a Niat Puasa Sahur Ramadhan

Predikat sahnya puasa itu tergantung dan terletak pada bacaan niatnya, dalam arti jika bacaan niatnya salah baik dalam segi penempatan ketika membacakannya ataupun ketidaktepatan waktu saat mengucapkan bacaan niat tersebut. Maka secara otomatis puasanya pun tidak jadi alias tidak sah untuk itu penting sekali untuk mengetahui betul tentang hal hal yang wajib di lakukan selama bulan puasa termasuk dari bacaan niat ini.

Hakikat bulan puasa yang penuh dengan nilai ibadah memberikan keleluasaan bagi yang sedang berpuasa untuk melakukan amal ibadah terbaik dalam mengisi bulan puasa, diantaranya dengan memberikan yang sesuatu yang terbaik bagi semua orang seperti dengan memberikan kata ucapan selamat berbuka puasa, selamat menunaikan ibadah puasa, atau selamat melaksanakan sahur sembari memberikan senyuman mansis untuk semua orang terutama bagi seseorang.

Do’a Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA

Artinya :
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Do’a Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa

Artinya :
Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.

Do’a Berbuka Puasa Ramadhan

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Apalagi banyak aktivitas puasa yang sudah menjadi tradisi di bulan suci ramadhan ini terutama di Indonesia di saat menjelang waktu puasa tiba, dengan adanya tradisi ngabuburit yang di suguhkan dengan menu buka puasa nikmat dengan bacaan buka puasa ramadhan sebagai penutup sempurna dari aktivitas puasa seharian. Sekaligus pembuka yang sangat tepat saat akan melaksanakan ibadah puasa untuk esok harinya supaya bisa mengartikan arti ibadah puasa ramadhan yang sesungguhnya.

Advertisement